Produk makanan adalah jenis usaha yang paling banyak dikembangkan sebagai franchise. Fenomena ini tentu didorong oleh peluang bisnis yang begitu besar. Makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi. Dengan kebutuhan tersebut, bisnis makanan mempunyai potensi yang lebih besar dibandingkan bisnis lainnya. Dengan strategi marketing dan promosi, makanan yang semula biasa-biasa saja bisa mendatangkan keuntungan luar biasa.
(foto: bisnisi.com)
Nama-nama besar seperti Mc Donald, KFC, atau Pizza Hut tentu tidak asing lagi bagi penggemar makanan cepat saji. Adakah yang istimewa dari produk yang dijual oleh restoran fast food tersebut? Ada jutaan orang yang mampu membuat burger yang jauh lebih enak dari burger di Mc Donald. Tetapi, mereka belum tentu mampu menjual burger sebanyak yang telah dilakukan oleh Mc Donald. Ayam goreng yang dijual di restoran lokal pun ternyata masih lebih enak dari menu KFC. Intinya, perusahaan tersebut mampu mengubah makanan biasa menjadi bisnis dengan omzet luar biasa.
Rasa makanan memang merupakan faktor penting dalam bisnis kuliner, tetapi rasa bukanlah segalanya. Bisnis tidak hanya identik dengan kualitas produk. Strategi promosi atau marketing tetap perlu dilakukan untuk mengenalkan produk tersebut ke calon konsumen. Franchise asing tersebut membuka banyak cabang di beberapa negara dan mampu meraih sukses dengan omset besar. Franchise makanan memang menjadi primadona, tidak hanya di negeri ini.
Banyak franchise lokal yang mengolah makanan tradisional dan memodifikasinya sedikit untuk menambah nilai jual dan membuatnya semakin menarik. Makanan dengan rasa biasa bisa memikat konsumen dengan cara penyajian yang tidak biasa atau sentuhan ide kreatif. Bakso dan es cendol bisa menjadi lebih menarik dan mendatangkan lebih banyak keuntungan. Untuk menarik konsumen, bakso bisa disajikan dengan cara yang berbeda. Bakso yang biasanya berbentuk bulat bisa dibuat dalam bentuk kotak atau dengan ukuran yang lebih besar. Salah satu restoran di Jakarta menyajikan “Bakso Moncrot”, bakso yang dibungkus dalam tomat. Jadi, konsumen cenderung mencari produk kreatif yang sedikit berbeda dengan produk biasa.
ConversionConversion EmoticonEmoticon