Ingin mulai buka usaha tanpa harus mengeluarkan modal awal yang besar? Salah satu solusi yang tepat adalah berjualan secara online. Dengan bantuan internet, kamu bisa jualan produk atau jasa apa pun dan mampu mendapatkan banyak konsumen sekaligus tanpa peduli seberapa jauh jarak antara pembeli dan konsumen tersebut. Biaya lebih murah karena kamu tidak perlu menyewa atau membangun ruko.
Jika selama ini kamu hanya menggunakan internet untuk mencari informasi atau sekedar menjelajahi social media, cobalah gunakan teknologi ini untuk mencari uang atau berbisnis. Ada banyak kelebihan dan peluang baru yang diberikan oleh internet, terutama dalam dunia bisnis. Namun, berjualan online tidak menjamin kamu akan meraih sukses atau mendapatkan keuntungan banyak. Nyatanya, banyak penjual online gulung tikar hanya beberapa bulan atau tahun setelah mereka memulai usahanya. Alasannya? Bisa jadi mereka tidak mengetahui cara tepat untuk berpromosi lewat internet atau salah mengelola toko online-nya.
Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menjual barang atau jasa apa pun.
(foto: panduanim.com)
1) Buatlah website sendiri
Untuk membuat calon konsumen terkesan dengan produk atau jasa yang ditawarkan, buatlah website untuk mempromosikan bisnis tersebut. Jika kamu hanya berpromosi dengan menumpang di forum atau social media saja (tanpa membuat website sendiri), hasilnya tidak akan maksimal. Pembeli akan merasa terkesan dengan bisnismu karena website tersebut juga menunjukkan keseriusanmu untuk mempromosikan bisnis. Jangan lupa untuk membeli domain atau layanan hosting sekaligus untuk membuat bisnis terkesan lebih profesional. Domain gratisan cenderung ‘dipandang sebelah mata’ oleh calon konsumen.
2) Beri deskripsi produk atau jasa sejelas-jelasnya
Apapun yang kamu tawarkan atau jual di internet, konsumen berhak mendapatkan informasi lengkap mengenai produk atau jasa tersebut. Semakin lengkap informasinya, semakin yakin konsumen untuk membeli apa yang kamu jual. Jika menjual produk, berikan deskripsi mengenai produk itu selengkap mungkin. Jelaskan konsep produk tersebut beserta fungsi, manfaat, keunggulan, ukuran, atau nilai tambah yang tidak ada pada produk lain. Foto juga berperan penting dalam mengkomunikasikan produk tersebut kepada konsumen. Satu gambar bisa lebih ‘sarat informasi’ daripada seribu kata. Jadi, daripada mengetik kalimat yang terlalu panjang, cukup berikan foto produk tersebut. Akan lebih baik jika produk difoto dari berbagai sudut. Ingat, konsumen tidak bisa melihat atau menyentuh barang tersebut secara langsung, lampirkan foto yang jelas dan lengkap dari berbagai sudut.
Jika menjual jasa di internet, berikan keterangan mengenai keunggulan, manfaat, atau nilai tambah dari jasa yang kamu tawarkan. Berbeda dengan produk, jasa tidak mempunyai bentuk fisik (sehingga agak sulit untuk menjelaskannya kepada konsumen). Untuk meyakinkan calon konsumen, sertakan CV atau profil yang meyakinkan.
3) Berikan yang terbaik untuk konsumen
Kedua langkah sebelumnya adalah langkah persiapan sebelum kamu mendapatkan satu konsumen sekalipun. Jika kamu sudah mendapatkan konsumen yang tertarik dengan bisnismu (tentunya setelah melihat iklan di website), berikan layanan yang terbaik untuk mereka. Setiap konsumen, berapapun uang yang dikeluarkan untukmu, harus dilayani sebaik mungkin. Meskipun tidak bertemu langsung, kamu harus memberikan pelayanan yang baik untuk membuat mereka percaya dengan bisnismu.
Perlu diketahui, konsumen yang membeli di toko online biasanya sangat sensitif. Kata sensitif ini tidak selalu berkonotasi negatif, tetapi merupakan peluang yang bisa kamu manfaatkan sebaik-baiknya. Jika kamu memberikan pelayanan yang buruk, selesai sudah. Kamu tidak bisa mengharapkan konsumen untuk berbisnis denganmu lagi. Terlebih lagi, mereka akan menyebarkan aibmu ke calon konsumen lainnya. Jika pelayanan baik, mereka tidak akan sungkan-sungkan untuk merekomendasikan bisnismu ke orang lain.
Bagaimanakah pelayanan yang baik untuk membuat bisnis online diminati banyak konsumen? Memberikan pelayanan terbaik bukanlah hal yang mudah. Tetapi, kewajiban tersebut bisa menjadi mudah jika kamu tahu cara melakukannya. Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memberikan layanan terbaik bagi konsumen.
Respon konsumen dengan cepat
Hal pertama yang bisa memikat calon konsumenmu adalah respon cepat. Jangan menunda-nunda untuk membalas SMS atau email dari calon konsumen. Mereka bisa beralih ke toko online lain jika kamu tidak segera menanggapi mereka. Setiap pertanyaan dari calon konsumen harus ditanggapi dengan cepat dan profesional, tidak peduli apakah mereka jadi membeli atau tidak. Ini adalah tugas pertama yang tidak bisa ditawar.
Jangan marah jika konsumen menawar harga
Setelah calon konsumen menghubungimu dan mereka tertarik untuk membeli, biasanya akan terjadi tawar-menawar harga. Bagaimana jika konsumen menawar harga terlalu rendah? Jangan langsung tersinggung dengan penawaran tersebut dan tanggapilah penawaran tersebut dengan profesional. Sampaikan bahwa harga yang kamu tawarkan sudah rasional dan sesuai dengan kualitasnya. Harga memang menjadi masalah yang sensitif baik bagi penjual atau pembeli. Ingat, konsumen selalu mencari harga yang lebih murah. Jadi, kamu harus cerdas dalam menentukan harga (jangan terlalu rendah atau terlalu tinggi). Jika harga kelewat murah, bisnismu tidak akan bertahan dalam satu bulan atau satu tahun. Jika harga terlalu tinggi, tidak ada yang mau membeli.
Pengiriman barang harus dilakukan dengan profesional
Jika konsumen ingin barangnya dikirim lewat jasa kurir, tanggung jawab pengiriman barang tersebut sepenuhnya ada pada kurir tersebut. Namun, kamu harus memperhatikan beberapa faktor penting dalam pengiriman barang. Kemaslah barang dengan rapi dan pastikan barang tersebut tidak rusak dalam pengiriman. Kamu perlu ekstra hati-hati jika barangnya berpotensi mudah rusak. Sekali lagi, pengemasan barang sepenuhnya adalah tanggung jawab pengirim (penjual), tetapi pengiriman barang adalah tanggung jawab kurir.
Bagaimana jika pembeli ingin transaksi dilakukan secara langsung (bertatap muka)? Dalam kasus ini, kamulah yang sepenuhnya bertanggung jawab atas pengemasan atau pengiriman barang tersebut. Selain itu, kamu bisa mengajak orang lain untuk menemanimu saat transaksi dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Tidak semua orang yang ingin membeli barangmu secara langsung adalah pembeli. Mereka mungkin punya niat buruk untuk merampokmu atau memerasmu saat bertemu.
Akan jauh lebih mudah jika kamu hanya menawarkan jasa di internet. Jasa tentu tidak mempunyai bentuk fisik. Jika kamu menawarkan jasa penerjemah freelance, kamu hanya perlu mengirimkan jasa tersebut lewat email. Tidak butuh waktu lama dan sudah pasti sangat mudah untuk dilakukan.
4) Jangan sungkan untuk meminta testimoni ke konsumen
Jika konsumen puas dengan pelayananmu atau produk yang mereka terima, kamu berhak meminta testimoni dari mereka sebagai ‘balas budi’. Testimoni dari konsumen adalah ‘penglaris’ yang sangat ampuh untuk menarik konsumen lain agar mau membeli produk atau jasa dari bisnismu. Satu testimoni saja bisa mempengaruhi calon konsumen lain agar mereka mau membeli. Dengan testimoni, konsumen lain bisa lebih percaya dengan bisnis yang kamu tawarkan. Namun, tidak semua konsumen yang puas mau memberikan testimoni untukmu.
ConversionConversion EmoticonEmoticon